Sabtu, 28 Mei 2011

BLOG ( KKPI )

APA ITU BLOG ???
Blog berasal dari kata Weblog, istilah yang dikemukan Jorn Barger. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain
Terus berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Bermula dari ''catatan perjalanan'' seseorang di internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link.
Sumber : http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2006/12/19/ip1.htm

Blog singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Sumber : www.wikipedia.com

Sedangkan menurut saya Blog adalah sebuah jejaring sosial yang dapat bertahan lama daripada jejaring sosial lainnya. Dan di Blog kita dapat melakukan apa saja menceritakan kehidupan, bertukar informasi, berbagi pengetahuan, dan bisa juga mendapatkan uang :D.

AWAL MULA BLOG
Agustus 1999 Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tetapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sampai Blogger.com muncul di dunia per-blog-an.  
Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sumber :http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2006/12/19/ip1.htm
Contoh dan Jenis Blog yang ada :
Ada beberapa contoh Blog yang ada di dunia maya dimulai dari blogger.com, wordpress.com,
friendster.com, xanga.com, blogdrive.com, blogsome.com, wordpress.com, multiply.com,
myspace.com dan lain-lain ( sumber : http//istiyanto.com ). Ada contoh Blog pasti ada jenis juga. Nah, berikut ini jenis-jenis Blog yang saya ambil dari wikipedia.com :
Blog politik: berisi politik, kampaye, aspirasi mengenai dunia politik
Blog pribadiberisi tentang kehidupan pemilik blog tersebut, syair, puisi, liburan yang pernah dia lakukan disutu kawasan wisata yang terkenal
Blog bertopik: membahs suatu topik yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat
Blog kesehatan: beisi tentang artikel-artikel kesehatan, perkembangan dunia kesehatan yang semakin modern, dll
Blog sastra: literary blog berisi tentang dunia sastra
Blog perjalanan: blog yang berisi tentang perjalanan seseorang atau perjalanan pemilik blog kesuatu tempat
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
Blog agama: Membahas tentang agama
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Nah, saya meminta maaf kepada para sumber karena saya telah mengambil sebagian artikelnya tanpa meminta ijin terlebih dahulu. Karena berkepentingan untuk mendapatkan nilai tugas akhir komputer saya di sekolah. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar